Tuesday, September 20, 2016

Cara Tradisional Mengobati Rosacea

Rosacea adalah salah satu penyakit kulit yang bukan saja mempengaruhi kesehatan, namun juga estetika atau kecantikan. Umumnya rosacea muncul pada bagian pipi, dahi, dagu, telinga, area sekitar mata, leher, dan dada. Rosacea muncul dalam bentuk warna kemerahan yang bisa menjadi benjolan atau pustula kecil. Penyebabnya sendiri beragam. Namun umumnya karena alergen alami dan makanan olahan, juga bakteri, tungau, serta enzim yang tidak seimbang. 


Bila Anda mengalami penyakit ini, Anda bisa mencoba beberapa cara tradisional mengobati rosacea pada daftar berikut.

1. Salmon
Ikan salmon hadir dengan kandungn asam lemak omega-3 yang tinggi. Hal tersebut membuat ikan ini bisa membantu dalam proses mengurangi gejala akibat rosacea. Asam lemak sendiri memiliki peran dalam mengurangi peradangan akibat inflamasi dari rosacea yang diteliti berkaitan dengan pola makan atau kesehatan organ di dalam tubuh. Selain salmon, minyak kelapa dan ikan mackerel juga bisa Anda coba.

2. Madu
Obat tradisional untuk mengatasi rosacea selanjutnya adalah madu. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba pada madu membuatnya dapat dengan efektif mengatasi rosacea bila diterapkan pada wajah secara topikal. Bahkan bukan saja itu, madu juga akan melembapkan wajah, mencegah kemerahan, rasa kasar, jerawat, dan hal-hal lain yang dapat memperburuk keadaan kulit yang terkena dampak rosacea.

3. Minyak lavender
Rosacea bisa menyebabkan kemerahan akibat pembuluh darah yang membesar. Di sini, minyak lavender bila diterapkan secara langsung untuk membantu mengecilkan pembuluh darah atau mencegah dilatasi. Meski begitu, tidak semua orang cocok bila kulitnya tersentuh minyak esensial ini.

4. Ketimun
Cara tradisional Mengobati rosacea selanjutnya adalah dengan menggunakan ketimun sebagai masker. Sifat pelembap yang intens dari ketimun akan membuka pori-pori, sehingga dapat mengurangi ukuran dari pembuluh darah akibat rosacea. Ini sangat cocok untuk mengurangi kemerahan. Setidaknya gunakan masker ketimun sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

5. Teh hijau
Teh hijau terkenal akan senyawa katekin yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Senyawa tersebut dan kandungan lainnya pada teh hijau juga ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kulit yang terkena rosacea. Sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan phytoprotective pada teh hijau dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, termasuk menjaga dari gejala-gejala yang timbul akibat rosacea.

6. Lidah buaya
Peradangan yang disebabkan oleh rosacea bisa diatasi dengan baik oleh lidah buaya. Gel lidah buaya bisa mengurangi kemerahan, peradangan, serta rasa tidak nyaman yang timbul pada kulit yang terkena rosacea, termasuk juga iritasi.

7. Kunyit
Bahan herbal anti-inflamasi ini memang memiliki banyak sekali manfaat. Fungsi utama dari kunyit adalah mengurangi peradangan. Sifat antioksidan-nya juga bisa membantu proses penyembuhan. Bahkan mencegah pembentukan pustula akibat rosacea.

8. Oatmeal

Cara tradisional mengobati rosacea yang terakhir adalah dengan menggunakan oatmeal. Sereal lezat untuk sarapan ini bisa membantu mencegah kemerahan akibat rosacea. Selain itu, oatmeal juga bisa melembapkan dan mencegah kulit mengelupas.

Cara Tradisional Mengobati Rosacea Rating: 4.5 Diposkan Oleh: umar linggom